Saturday, May 1, 2010

Wireline Access - G21

[Authors: Dito Anggodo Prihastomo, Angelia Hermawan (G21)]
Q1 : Terdapat beberapa operator yang memberikan service terkombinasi, internet sepaket dengan TV kabel. Bagaimana mekanisme kerja TV kabel sama internet bisa dilayani berbarengan dalam satu media transmisi?

A : Benar bahwa saat ini terdapat beberapa operator yang menyatukan layanan terhadap internet dan tv kabel dalam satu media fisik transmisi. Dengan begini maka sistem akan memiliki efisiensi yang cukup tinggi, karena membutuhkan 1 media transmisi fisik, namun dapat membawa dan melayani 2 layanan. Di dalam device yang dipergunakan untuk layanan ini telah dilengkapi dengan suatu mekanisme kerja yang dapat membedakan jenis layanan yang sedang ingin diakses, antara voice, internet serta IPTV. Secara prinsip kerja agak dekat dengan switch, perangkat telekomunikasi yang cukup akrab ditemui dalam banyak kasus. Jadi perangkat yang dipergunakan dilengkapi dengan mekanisme untuk melakukan switch untuk memilih layanan yang ingin diakses, sehingga multiple-service dapat dilayani secara maksimal lewat satu media transmisi yang sama.

Q2 : Berdasarkan keterangan pada pertemuan sebelumnya, Huawei menerapkan sistem outsourcing terhadap SDM tenaga kerjanya. Bagaimana penjelasannya?

A : Prinsip penerimaan pegawai di Huawei terdapat beberapa cara. Salah satu yang dipergunakan oleh Huawei adalah dengan sistem outsourcing. Keputusan ini diambil dengan berbagai pertimbangan yang telah dipikirkan oleh bagian HRD dari Huawei. Melalui sistem ini, karyawan mengalami peralihan status akibat hubungan dengan suatu perusahaan rekanan. Sistem ini tidak begitu buruk kok. Karyawan tidak dirugikan dengan adanya sistem outsourcing ini.

Q3 : Penjelasan dalam presentasi kemarin menyatakan bahwa salah satu jenis layanan yang akan berkembang adalah FTTH. Siapa yang disasar sebagai calon konsumen untuk layanan FTTH?

A : Sebagaimana teknologi-teknologi lainnya, FTTH juga akan mendorong kemajuan dunia broadband. Diharapkan dengan FTTH, berbagai kebutuhan masyarakat dapat lebih terpenuhi secara menyeluruh. Oleh karena itu calon konsumen yang cukup potensial untuk disasar dalam teknologi FTTH ini adalah masyarakat secara umum, secara lebih khusus mungkin para pengguna internet rumahan secara perorangan atau dapat juga padaperusahaan yang membutuhkan koneksi broadband.

Opini

Dalam era ini, kemajuan dunia broadband semakin cepat. Teknologi terus meng-upgrade diri bukan lagi dalam hitungan tahun, melainkan sudah mulai dalam hitungan bulan, atau mungkin pekan atau mungkin dalam hitungan hari, atau bahkan ekstrim nya lagi dalam hitungan jam. Meningkatnya kebutuhan dan permintaan pasar terhadap penyedia layanan telekomunikasi membuat industri telekomunikasi seolah senantiasa memperoleh rangsangan untuk terus maju dan berkembang dari waktu ke waktu. Melalui berbagai inovasi ini, diharapkan nantinya seluruh konsumen dan kebutuhan telekomunikasinya dapat dipenuhi secara menyeluruh dan memuaskan.

    Share | Save

    Subscribe

No comments:

Post a Comment