Saturday, April 17, 2010

Optical Backbone - G5

[Authors: Arya Zaenal Risyad, Fikri Ramadhan (G5)]
Q1: Apa kelebihan dan kekurangan DWDM terhadap Metro Ethernet?

A: Sebenarnya DWDM dan Metro Ethernet memiliki fungsi yang berbeda, Metro Ethernet umumnya digunakan untuk koneksi jarak dekat sedangkan DWDM untuk koneksi jarak jauh dengan besar trafik hingga 100 Gbps.

Q2: Untuk backhaul BTS ke NOC di kota Jakarta, dengan trafik sekitar 1-30 Gbps, lebih baik memakai yang mana jika dilihat dari segi cost?

A: Untuk intern Jakarta, akan sama saja menggunakan DWDM, Metro Ethernet atau SDH sekalipun. (Saka memiliki pendapat yang berbeda mengenai hal ini, menurutnya lebih baik memakai DWDM karena sifatnya yang dedicated path)

Q3: Bagaimana agar sistem DWDM mendukung sistem SDH?

A: Menggunakan alat yang dinamakan transponder. Alat ini terdapat pada satelit. Satu satelit terdiri dari beberapa transponder. Satu transponder biasanya memiliki BW 36 Mhz. Fungsi lain dari transponder antara lain menerima sinyal, memperkuat frek dan memancarkan ulang sinyal tersebut.

Q4: Apa kaitan DWDM dan Metro Ethernet dengan layer OSI?

A: Metro Ethernet sampai layer 3 sedangkan DWDM hanya sampai layer 2, tetapi DWDM memiliki L2 sitch yang memungkinkan add drop lebih mudah dilakukan sehingga lebih fleksibel.


Opini

DWDM (Dense Wavelength Division Multiplex) merupakan suatu cara pengiriman banyak berkas sinar laser melalui sepasang kabel serat optik. Menurut kami Keuntungan utama dari DWDM adalah penghematan luar biasa dari sisi pembangunan infrastruktur jaringan serat optik. Dengan DWDM operator cukup menggelar kabel serat optik sekali saja. Untuk peningkatan kapasitas jaringan, operator tidak perlu menggelar kabel tambahan, tetapi cukup menggunakan filter-filter optik supaya jaringan kabel yang sudah terpasang bisa melewatkan beberapa berkas cahaya sekaligus. Supaya berkas-berkas cahaya tadi tidak saling mengganggu, berkas2 cahaya tadi dibedakan warnanya (atau panjang gelombangnya).

    Share | Save

    Subscribe

7 comments:

fadhila said...

G2:
Giri Kuncoro (13206009)
Fadhilah Hana (13206014)

Kami setuju dengan opini dari G5. Teknologi DWDM ini memberikan banyak keuntungan. Yang paling utama adalah biaya investasi yang dibutuhkan lebih rendah mengingat jika sekalinya fiber ditanamkan untuk teknologi ini, maka di masa yang akan datang tidak perlu lagi penambahan fiber-fiber baru. Selain itu, DWDM pun dapat menghemat pemakaian transponder :)

aginta said...

GB5:
Aghintha Pradewi (23208355)
Ulil Z (23209010)
----------------------------------

Meskipun DWDM memberikan banyak keuntungan, namun juga memiliki kompleksitas yang cukup rumit terhadap penggunaan beberapa panjang gelombang. Karena DWDM mengangkut beberapa panjang gelombang pada serat tunggal, maka banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja dari DWDM ini, seperti faktor daya dan waktu, percakapan silang, rentang EDF, penguatan EDFA serta stabilitas panjang gelombang. Faktor-faktor tsb merupakan faktor kritis yang perlu dipertimbangkan dalam penggunaan teknologi ini.

christ said...

G24
Aryo Pambudi 13206053
Christ Marcel 13206167

kami sangat setuju jika teknologi DWDM ini dikembangkan lebih lanjut. karena hanya butuh sebuah fiber optik untuk melewatkan beberapa informasi. dan juga penggunaan filter untuk menghilangkan panjang gelombang yang tidak diinginkan, yang kemudian menyebabkan tiap detektor hanya akan menerima sinyal yang memang ditujukan kepada mereka.

Beny said...

G19
Beny Nugraha 13206017
Habibur Muhaimin 13206131


Kami setuju DWDM adalah solusi yang tepat untuk penyedia jaringan apabila ingin menjual jaringan yang lebih luas.

Kapasitas transport yang besar (sampai saat ini 40 Gbps/serat, dan juga jaringan optik yang sudah fully-meshed yang menguntungkan dari segi biaya, fleksibilitas dan skalabilitas menjadi keunggulan DWDM.

Faktor lain pemilihan DWDM adalah keuntungan DWDM dibandingkan SDH yaitu kemampuan DWDM dimana satu core dapat menampung berbagai macam router yang dibedakan dengan kode wavelength, sedangkan SDH untuk menambah router, jumlah core pun harus ditambah.

angelofairwalk said...

Group 21
* Angelia Hermawan 13206076
* Dito Anggodo 13206109

= = = = = = = = = = = = = = = = = =

Setiap teknologi yg berkembang pastinya memberikan suatu keunggulan2 baru. Demikian halnya dengan DWDM yg menawarkan fleksibilitas tinggi, memanfaatkan infrastruktur FO yg sudah ada tetapi kapasitasnya mampu ditingkatkan tanpa harus menambah FO baru.

Ya, untuk sekarang ini DWDM cocok diterapkan di sisi backbone guna memenuhi kebutuhan trafik permintaan pelanggan. Namun, di dalam siatuasi dimana teknologi berkembang sedemikian pesat dan persaingan antar operator amat ketat, tentunya biaya untuk jasa tertentu akan lebih kompetitif.

Dalam hal ini para operator harus mampu memilih dan mengembangkan teknologi yg tepat sesuai kebutuhan agar semua itu dipergunakan secara efektif.

Arinaldo said...

G 25
Arinaldo Adma (13206056)
Debby Permata Putra (13206193)

Kami sependapat dengan opini dari rekan-rekan sebelumnya. Kehadiran DWDM meupakan sebuah solusi untuk teknologi komunikasi di masa depan, terutama di sisi backbone yang membutuhkan traffik yang besar.

Dengan kemampuan membawa 80 lambda berbeda untuk setiap serat optik dengan kecepatan 40 Gbps untuk setiap serat tentunya akan menjanjikan komunikasi yang lebih baik dan cepat serta penghematan yang luar biasa, baik dari segi infrastruktur maupun maintenance.

ke depannya, teknologi optik ini diharapkan tidak hanya diterapkan di jaringan backbone saja tetapi juga ke jaringan akses sehingga dapat memberikan layanan FTTB,FTTH, ataupun FTTU.

Sekian dan Terima Kasih

titotz said...

Grup 4
Muhammad Tito S 13206134
Anggita Hapsari G 13206034

DWDM memang dapat memberikan efek yang cukup baik terhadap pemmenuhan kebutuhan jaringan dalam negeri, tetapi Implementasi DWDM juga perlu melihat efeknya terhadap teknologi sebelumnya yang sudah eksisting.
Apakah teknologi yang lama dapat bertindak sebagi suplemen ataukah sebagai komplemen terhadap teknologi yang baru? Jika melihat keadaannya dapat diperkirakan bahwa jaringan fiber optik dapat menjadi komplemen terhadap teknolgi sebelumny.


Terimakasih atas perhatiannya..