Sunday, April 11, 2010

Multiradio - G32

[Authors: Firman Azhari, Mangasi Napitupulu (G32)]
Q1: Tadi dijelaskan bahwa Flexi BTS dari NSN menggunakan baterai. Saat terjadi pergantian baterai, apakah tidak terjadi sinyal loss?

A1: Baterai pada BTS ini digunakan pada saat listrik utama dari PLN sedang down saja yang kira-kira bisa dibackup selama 4 jam (pada daerah rural). Secara singkat baterai yang dimaksud digunakan sebagai sitem back-up untuk mengatasi fluktiasi listrik dari PLN.

Q2: Untuk menghubungkan antenna ke BTS flexi, menggunakan media apa?

A2: Pada umumnya, BTS konvensional menggunakan feeder dengan loss 3 dB. Sedangkan pada BTS flexi, kalo dekat tidak dihubungkan menggunakan feeder,. Tetapi kalau jarak BTS ke antenna cukup jauh, antenna dihubungkan dengan menggunakan feeder dengan perhitungan loss tertentu.

Q3: Ada informasi bahwa operator di Singapura (m-one) telah menggunakan Flexi BTS ini. Penggunaan BTS tersebut dilakukan agar migrasi dari 3G ke LTE bisa lebih mudah. Dari operator di Indonesia sendiri apakah sudah ada pembicaraan ke NSN untuk menggunakan produk ini?

A3: Telkomsel dan Indosat telah menggunakan BTS ini, tetapi belum menggunakan software managementnya karena memang baru akan dirilis akhir tahun.

Q4: Apa kekurangan dari Flexi BTS ini jika dibandingkan dengan BTS konvensional? Dan berapa harganya?

A4: Harga dari produk tergantung dari coverage yang diinginkan karena merupakan satu kesatuan perangkat radio. Harga produk ini secara keseluruhan digabungkan dengan harga pengerjaan proyek.

Q5: Dari sisi user user GSM, keuntungan apa yang diperoleh dengan pengaplikasian BTS flexi?

A5: User bisa mendapatkan kualitas yang lebih baik, dan mendapatkan pelayanan yang lebih baik dalam penggunaan streaming data.

Q6: Jika melakukan software update, yang mengerjakan NSN (vendor) atau operator?

A6: Siapa yang melakukan kegiatan apa tergantung dari kebijakan vendor maupun operator. Saat melakukan set up, biasanya vendor yang melaksanakan kemudian diserahterimakan ke operator untuk operasionalnya. Tetapi ada juga vendor yang mengambil opportunity bisnis ini, yaitu sekaligus melakukan proses operasional dan maintenance software jaringan atau disebut manage service. Bisnis ini bahkan bisa dilaksanakan lintas vendor (vendor A yang memasang perangkat dan set up, vendor B yang melakukan manajemen, upgrade, dsb).

Opini

BTS flexi adalah salah satu produk NSN dengan pengembangan teknologi terbaru. BTS flexi dirancang dengan peningkatan pada efisiensi penggunaan energi, kemudahan implementasi dan pengurangan biaya operasional. Salah satu keuntungan yang paling penting dari BTS flexi adalah BTS ini dirancang untuk menghadapi upcoming technology, sehingga BTS ini akan lebih mudah diupgrade untuk migrasi dari teknologi GSM ke LTE.

Menurut kelompok kami, BTS flexi menjadi salah satu jawaban bagi para operator dalam menghadapi masa migrasi teknologi dari teknologi GSM ke teknlogi LTE. BTS ini hadir pada saat yang tepat, dimana kebutuhan atas efisiensi energi dan fleksibilitas implementasi menjadi suatu syarat yang penting. Peningkatakan kebutuhan layanan data dan suara dari pelanggan membuat jumlah BTS yang harus dipasang meningkat, oleh karena itu implementasi BTS yang lebih mudah akan sangat membantu operator dalam menjawab kebutuhan pelanggannya.

Selain itu, dengan penggunaan baterai dan kesiapan BTS flexi dalam menghadapi migrasi teknologi, membuat BTS ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk mengupgrade jaringan yang dimiliki dan digunakan oleh suatu operator. Dengan penggunaan BTS flexi, operator akan dimudahkan ketika harus melakukan migrasi teknologi secara keseluruhan.

    Share | Save

    Subscribe

4 comments:

lucky said...

Kelompok B-8
Lucky Andiani (232 09 053)
R. Ali Fikri Mubarak (232 08 005)


Perkembangan industri telekomunikasi yang semakin canggih, tentu saja diikuti dengan beragam inovasi-inovasi dari produk yang dihasilkan yang tentunya harus mampu capable dengan teknologi2 yang sudah ada saat ini, sehingga tidak membutuhkan investasi yang terlalu besar sehingga dapat menghemat biaya. Produk-produk tersebut saling bersaing untuk mendukung teknologi komunikasi yang berkembang saat ini. Produk yang dikembangkan saat ini semakin minimalis tetapi sudah dapat mencover semua kebutuhan yang ada.Salah satu produk teknologi NSN yaitu BTS flexi yang menawarkan berbagai macam keunggulan yang dibutuhkan oleh operator sehingga dapat menjadi solusi yang tepat untuk para operator yang di Indonesia dalam mengembangkan jaringannya. Keuntungan dari Flexi BTS antara lain: implementasi mudah,Mengurangi kebutuhan daya, sehingga lebih hemat energi, Design yang lebih fleksibel sehingga tidah membutuhkan tempat yang besar untuk instalasi perangkat. Dan berbagai keuntungan lainnya yang tentunya dapat memberikan gambaran untuk kita mengenai teknologi2 telekomunikasi yang berkembang saat ini.

terima kasih.

fadhila said...

Grup 2:
Giri Kuncoro dan Fadhilah Hana

Flexi BTS yang ditawarkan oleh NSN adalah satu dari produk inovatif di dunia ini karena dapat menjembatani evolusi di dunia telekomunikasi. Dengan menggunakan konsep multiradio, Flexi BTS dapat digunakan untuk teknologi GSM, EDGE, HSPA, serta LTE. Hal ini dapat menjadi sebuah keunggulan dibanding BTS konvensional lainnya. Di samping keunggulan lainnya telah dipaparkan oleh G32 dan B8.

Menurut kami, operator dapat menggunakan Flexi BTS ini pada site-site yang baru. Namun hati-hati karena bentuknya yang kecil, sehingga harus diperhatikan segi penempatannya.

Seperti yang sudah dibilang, hanya dua operator besar dari sekian banyak operator di Indonesia, yaitu Telkomsel dan Indosat sudah menggunakan Flexi BTS. Kami jadi berpikir, jangan-jangan biaya hardware maupun up-grade software dari Flexi BTS masih tergolong mahal (soalnya Ibu Jannati tidak mau membicarakan harga :D). Jadi mungkin ini dapat dijadikan tantangan bagi vendor lain untuk membuat produk lain yang kurang lebih sama teknologinya namun dengan layanan yang lebih baik.CMIIW.

Terima kasih :)

habibur said...

Group 19
habibur muhaimin (13206131)
Beny nugraha (13206017)

said

Sama seperti yang telah diutarakan kelompok-kelompok sebelumnya, kami setuju mengenai Flexi BTS sebagai jawaban yang dapat menjembatani evolusi teknologi telekomunikasi karena kemampuannya yang mampu mengakomodir berbagai macam teknologi.

Kami kira, ada baiknya jika NSN menawarkan Flexi BTS nya ke perusahaan "Menara Bersama". Alih-alih setiap operator membangun Flexi BTS, lebih baik untuk daerah dimana telah terdapat banyak operator cukup diakomodir oleh satu perusahaan saja. Kami berpendapat, untuk kota yang sudah ruwet jangan ditambah ruwet lagi dengan penambahan BTS.

sekian pendapat singkat kami.
terima kasih.

ikhsan said...

g28
ikhsan abdusyakur 13206088
yudha irawan 13205004

menarik sesi tanya jawab yang ada pada sesi ini,
semakin memperjelas keyakinan keunggulan teknologi tersebut,
namun yang perlu diperhatikan setuju dengan beberapa komentar diatas, Teknologi ini baru dipersiapkan untuk operator operator besar. Yang berarti operator tersebut akan semakin merjarai industri telekomunikasi di Indonesia.

Kami berharap ada kerjasama antara operator - operator di Indonesia, memang kompetisi tetap berlangsung, namun kesejahteraan masyarakat Indonesia tetap menjadi tujuan utama.