Sunday, April 11, 2010

Multiradio - G31

[Authors: Haryo Septoria Prabowo, Wibisana Jaka Sembada (G31)]
Q1: Katanya Flexi BTS kan memakai Baterai, bagaimana pada saat ganti baterai? Apakah akan terjadi signal loss??
A1: Pada Flexi BTS, penggunaan baterai hanya untuk cadangan power kalau listrik dari PLN down. Baterai tersebut hanya bertahan sampai 4 jam untuk menggantikan power dari PLN. Seandainya listrik dari PLN mati lebih dari 4 jam, power akan di-switch ke Genset sehingga signal tetap terjaga.

Q2: Menurut berita, operator dari Singapore ada yang memakai Flexi BTS, bagaimana dengan di Indonesia??
A2: Di indonesia, beberapa operator sudah memakai Flexi BTS ini seperti Telkomsel dan Indosat.

Q3: Dari tadi, yang disebutkan hanya kelebihan-kelebihan dari Flexi BTS, apa saja kekurangan dari Flexi BTS? Bagaimana dengan harganya?
A4: Pada saat ini Flexi BTS merupakan solusi paling tepat bagi operator-operator yang ada. Hampir tidak ada kekurangan dari Flexi BTS ini. Untuk masalah harga/biaya, tergantung dari coverage yang diinginkan oleh operator/customer.

Q5: Setelah pemasangan Flexi BTS, development atau upgrade software pada Flexi BTS dilakukan oleh operator atau pihak NSN?
A5: Hal ini tergantung kesepakatan. Untuk development software bisa saja dilakukan oleh operator maupun vendor. Akan tetapi, untuk upgrade software, biasanya dari pihak vendor akan mensupport.

Opini

Menurut kami, Flexi BTS benar-benar menjawab masalah-masalah yang timbul dalam pemasangan BTS oleh operator. Flexi BTS membuat operator dapat menggunakan site yang ada menjadi lebih efisien. Beberapa keuntungan dari Flexi BTS antara lain:

  • Implementasi dan konstruksi site yang relatif lebih mudah dengan cost yang lebih rendah dibandingkan BTS konvensional.
  • Penentuan site yang lebih cepat
  • Mengurangi kebutuhan daya, sehingga lebih hemat energi
  • Design yang lebih fleksibel
  • Sektorisasi antena di site sanggup mencapai 6 sektor
Dengan kelebihan yang dimiliki oleh Multiradio Flexi BTS tersebut dan telah ada dua operator besar yang sedang mengimplementasikannya, diharapkan ke depannya kita bisa segera merasakan manfaatnya. Contoh sederhananya, tidak ada lagi sinyal putus-putus dan jangkauan semakin luas dengan level interferensi sinyal yang lebih minimum.

    Share | Save

    Subscribe

9 comments:

anantoep said...

G17 - Ananto E.P./13206008 - Irvan S./13206130

Kami setuju bahwa Flexi BTS yang ditawarkan oleh NSN merupakan terobosan baru dalam menjawab kebutuhan operator. Banyak keuntungan-keuntungan yang didapatkan oleh operator, seperti yang telah disebutkan oleh G31, sehingga kualitas layanan yang ditawarkan oleh operator dapat semakin baik. Selain itu, operator juga dimudahkan jika ingin mengimplementasikan teknologi LTE dengan adanya Flexi BTS ini, sehingga biaya investasinya dapat lebih rendah. Hal yang menjadi nilai plus adalah Flexi BTS lebih hemat energi sehingga dapat menjadi salah satu solusi dalam menghadapi krisis energi dunia.

Btw, kalau tidak salah, Ibu Jannati balik bertanya waktu menjawab pertanyaan sdr. Giri. Pertanyaannya adalah "Apakah ukuran Flexi BTS yang kecil menjadi suatu kekurangan?" Ukuran yang kecil ini memiliki suatu keuntungan tersendiri bagi operator, namun mungkin rawan pencurian karena lebih mudah untuk diambil daripada BTS konvensional yang ukurannya lebih besar. Saya tiba-tiba jadi teringat ketika kerja praktek beberapa bulan yang lalu,, sering terjadi kasus pencurian di site. Bahkan, baterai yang diletakkan di shelter yang terkunci pun tak luput dari pencurian. Oleh karena itu, operator harus lebih berhati-hati dalam mengawasi aset-asetnya, khususnya Flexi BTS ini.

shendiary said...

Group 7
Shendiary Aviolanda (13206050)
M. Shiddiq S.H. (13206074)

Kami sangat tertarik dgn paparan dr Ibu Jannati mengenai produk Flexi BTS dari NSN ini. Kami setuju, dengan berbagai kelebihan yang dijelaskan, flexi BTS dapat menjadi sebuah solusi BTS yang diperlukan oleh operator.
Hal yang paling membuat kami tertarik adalah sifat multiradio dari flexi BTS ini, dimana hanya dengan melakukan pengaturan pada software, BTS dapat digunakan untuk GSM, WCDMA, atau LTE, baik secara dedicated maupun concurrent. Hal ini tentu saja mereduksi biaya hardware, biaya visit, serta efisien dalam segi waktu.

Kami juga setuju dengan pendapat dari G17 di atas, bahwa segi keamanan juga harus lebih diperhatikan, sebab ukuran yg kecil juga memudahkan pencuri untuk membawa/memindahkannya.

Terima kasih. :)

aginta said...

GB5
Aghintha P (23208355)
Ulil Z (23209010)
=====================

Setuju dengan pendapat teman-teman diatas. Berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh NSN Flexi BTS merupakan terobosan baru untuk mendukung perkembangan LTE. Teknologi ini tentu saja merupakan tantangan baru bagi pihak kompetitor, sebut saja Alcatel-Lucent, Ericsson, Huawei,ZTE, Motorola, dsb untuk dapat bersaing dengan Flexi BTS dari NSN ini. Bagaimanapun juga, teknologi akan terus berkembang. mungkin saja dimasa mendatang, teknologi ini tidak hanya ditawarkan oleh NSN tapi juga oleh vendor-vendor lain, yang menawarkan beberapa kelebihan yang tidak ada pada NSN Flexi BTS, seperti yang dikatakan oleh G17 dan G7 ttg site security dan mungkin juga dari persaingan antar vendor tsb, ada teknologi yang lebih unggul dari NSN Flexi BTS ini nantinya. Who knows....

Zahara said...

Grup 14:
Zahara Yulianti (13206018)
Nur Inayah Yusuf (13206138)

Kami sependapat dengan opini diatas. Flexi BTS merupakan solusi bagi operator dalam mengatasi masalah pada pemasangan BTS oleh operator. Kelebihan-kelebihan Flexi BTS ini bisa membuat operator mengurangi biaya operasional karena salah satu keunggulan Flexi BTS ini yaitu cost yang murah. Flexi BTS juga perlu dikembangkan dan diupgrade untuk memberikan keunggulan yang lebih baik bagi koneksi jaringan secara mobile pada selular. Dua operator besar di Indonesia telah menggunakan Flexi BTS ini, tidak menutup kemungkinan bahwa operator lainnya bisa menerapkan penggunaan Flexi BTS ini juga.

Terima kasih

titotz said...

Grup 4
Anggita Hapsari G 13206034
Muhammad Tito S 13206134

Paparan yang menaraik dari bu Jannati...
Flexi Multiradio jelas memberikan terobosan baru mengenai konsep BTS yang ada. Dimana memiliki kelebihan yang tidak didapatkan dari BTS konvensional, dari yang ukurannya kecil sehingga dapat menurunkan CAPEX, hingga kekompabilitasnya untuk diupgrade layanan 4G LTE.

Setuju dengan kelompok 17 yang meyebutkan bahwa dengan ukuran yang kecil faktor keamanan menjadi faktor yang harus diperhatikan, karena mempermudah akses untuk pencurian.

Trimakasih..

Rizqi said...

Kelompok 10
Rizqi Hersyandika (13206040)
Aldy Pradana (13206079)

Kami tertarik dengan penjelasan mengenai Flexi BTS. Flexi BTS memiliki nilai lebih dan keuntungan dibandingkan dengan BTS pada umumnya, diantaranya adalah bentuknya yang compact sehingga dapat ditempatkan di ruangan yang terbatas. Hal ini akan membuat cost pemasangan atau menara yang dikeluarkan operator menjadi berkurang. Keunggulan lainnya yaitu konsumsi daya yang cukup hemat dan memiliki cadangan power berupa baterai.

BTS Flexi ini juga dilengkapi dengan software defined radio yang memungkinkan RF bekerja pada range frekuensi & modulasi GSM, WCDMA, maupun LTE. Selain itu, perangkat ini memiliki ingress protection yang berarti water & dust proof.

Menurut penjelasan Bu Jannati, yaitu
"Di indonesia, beberapa operator sudah memakai Flexi BTS ini seperti Telkomsel dan Indosat." Kami sangat mendukung perkembangan Flexi BTS di Indonesia. Mungkin pengaplikasiannya dimulai dari kota-kota besar terlebih dahulu.

angelofairwalk said...
This comment has been removed by the author.
angelofairwalk said...

Group 21
Angelia Hermawan 13206076
Dito Anggodo 13206109

Ya, Flexi BTS memang praktis untuk diimplementasikan. Apalagi di Indonesia terkadang ada budaya daerah yg bertentangan dg kepentingan pembangunan BTS, misalnya ada aturan tinggi BTS maksimum dsb. Tentunya dengan Flexi BTS, hal tersebut tidak menjadi masalah lagi. Kami harapkan Flexi BTS mampu mengembangkan program pemerataan pembangunan daerah, krn mungkin sampai sekarang masih banyak daerah di Indonesia yg outage atau jika tercakup sinyal itu pun hanya oleh 1 operator saja.

Felix Kristian said...

G20
Felix Kristian Jatmiko (13206149)
Johan Sunaris (13205005)

Flexi Multi Radio Base Station merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan operator terkait masalah efisiensi. Dengan infrastruktur ini kunjungan ke lokasi BTS berkurang, biaya pemeliharan lebih rendah, dan kebutuhan staf berkurang sehingga mengurangi OPEX. Selain itu Operator-operator dapat menggunakan infrastruktur yang ada kemudian mengupgrade ke teknologi yang lebih luas seperti LTE.

Teknologi ini akan menjadi tren perkembangan infrastruktur telekomunikasi masa depan. Di masa yang akan datang, dengan teknologi ini banyak wilayah yang dapat dijangkau.