Monday, March 1, 2010

LTE – An Optimized OFDMA Solution for Wider Bandwidth Spectrum

[Author: Trasma Yunita] EV-DO dan HSPA, layanan yang berbasis mobile broadband, telah meraih sukses yang luar biasa di dunia. Kemudian, dengan didukung oleh pertumbuhan pengguna layanan data broadband yang tinggi serta keuntungan yang diperoleh relatif besar, para operator 3G berusaha mengembangkan jaringan 3G mereka menjadi meliputi LTE (Long Term Evolution) yang memiliki spektrum bandwidth yang lebih lebar.

LTE merupakan sebuah solusi OFDMA mobile optimal yang distandardisasi oleh 3GPP. LTE memiliki bandwidth yang lebar untuk menyediakan kecepatan data yang sangat tinggi dan meningkatkan jumlah user. LTE adalah lanjutan dari track record mobility dan efisiensi spektral yang tinggi milik 3G. Dibangun di atas jaringan 3G yang sudah ada, LTE akan lebih efektif meningkatkan kapasitas data di area demand dense urban yang relatif tinggi. 3G beserta evolusinya akan menyediakan layanan broadband yang handal disamping tetap fokus pada area jangkauan LTE, seperti halnya kualitas layanan suara melalui jaringan. Evolusi 3G mampu mengirimkan kecepatan dan kapasitas data sebanding dengan LTE, asalkan menggunakan bandwidth dan konfigurasi antena yang sama. LTE didesain untuk memudahkan interoperasi dengan 3G.

LTE menggunakan teknik antena seperti MIMO (Multiple Input Multiple Output), SDMA (Spatial Diversity Multiple Access) dan beamforming untuk meningkatkan performansi. LTE juga mengadopsi flatter baru yang bersifat packet-only jaringan core yang disebut dengan EPC (Envolved Packet Core) untuk mendukung aplikasi dan layanan berbasis IP. Jaringan LTE komersial diharapkan mampu mencapai kecepatan data maksimal up to 73 Mbps pada downlink dan up to 36 Mbps pada uplink, dengan menggunakan 10 MHz spektrum dengan 2x2 downlink MIMO. Dan untuk ke depannya, LTE diharapkan dapat menyediakan data rate yang lebih tinggi dengan menggunakan bandwidth up to 20 MHz dan MIMO yang juga lebih tinggi.

    Share | Save

    Subscribe

No comments:

Post a Comment