Friday, February 12, 2010

Teknologi PON dalam Jaringan Verizon

[Author: Bhimo Wikan Hantoro] Fokus bahasan: studi kasus penggunaan teknologi PON pada jaringan serat optik perusahaan Verizon. Kebutuhan bandwidth untuk perumahan maupun perkantoran meningkat secara stabil. untuk memenuhi kebutuhan ini verizon mengeluarkan jaringan akses yang menggunakan teknologi serat optik seara keseluruhan menggunakan arsitektur PON (passive optical network). Jaringan pada masa depan haruslah bersifat dapat diandalkan dan fleksibel, jaringan FTTP (fiber to the premises) milik verizon menyediakan infrastruktur yang dapat mengakomodasi kebutuhan bandwidth yang meningkat.Jaringan serat optik milik verizon menyediakan kemampuan bandwidth yang terbilang hampir tak terbatas baik untuk memenuhi kebutuhan suara, internet, dan layanan high-definition tv, dan didesain untuk melayani aplikasi baru seiring perkembangan jaman.

Pada tahun 2004 verizon memulai meluncurkan jaringan akses FTTP, FTTP adalah bentuk dari PON. Pada awal peluncurannya,verizon menggunakan standar ITU-T G.983 BPON (broadband PON), namun pada awal 2007 verizon mulai menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar ITU-T G.984 G-PON (gigabit). Teknologi FTTP membawa serat optik langsung ke perumahan dan kawasan bisnis. Pada makalah ini akan membahas arsitektur jaringan, servis yang ditawarkan, dan jadwal peluncuran oleh verizon. Makalah ini juga akan membahas kronologis sejarah dalam kurun waktu 20 tahun terakhir mengenai usaha membawa jaringan serat optic layanan broadband ke rumah-rumah. Hal ini akan menjelaskan mengapa Verizon memilih FTTP dibandingkan dengan teknologi akses yang lain.

    Share | Save

    Subscribe

1 comment:

Calculus said...

teknologi FTTx sangat menjanjikan di masa depan. negara maju seperti AS masih terus mengembangkan FTTx (pada kasus ini, FTTP), mungkin pada saat presentasi nanti bisa dijelaskan lebih lanjut, teknologi FTTP yang digunakan seperti apa, kualitas yang dirasakan pelanggan bagaimana, dan teknologi fiber apa saja yang sudah diuji Verizon sebelumnya.

menurut saya, teknologi FTTx sudah saatnya dikomersilkan secara massal, karena:
(1) operational expenditure (opex) terus turun dengan perkembangan teknologi terus-menerus
(2) dukungan operasional dan bisnis dapat dikurangi ketika menggunakan fiber dibandingkan kabel tembaga
(3) penghematan energi ketika menggunakan fiber cukup besar, karena meniadakan kebutuhan back up baterai, dan generator listrik
(4) jangkauan fiber sangat jauh, sampai 10x dibandingkan kabel tembaga

--23208306--

Post a Comment