Thursday, February 11, 2010

Simple Guidance untuk Penulisan Respons



MindMap diatas mendeskripsikan respons yang diharapkan dalam interaksi virtual melalui media online secara singkat dan sederhana. Dengan skema ini diharapkan terjadi interaksi yang konstruktif dan membangun. Postingan ini, juga merupakan short-guidance yg dimaksud dan disinggung dalam tulisan ini (untuk tipe Tugas-3).

Jadi singkatnya begini. Setelah membaca dan mempelajari, masing-masing harap menganalisa/menilai apakah materi artikel tersebut sudah sesuai, kurang atau malah mengandung unsur kekeliruan. Tentu saja, sebaiknya penilaian/analisa ini didasarkan pada argumen kuat didukung dengan fakta dan referensi. Aksi/respons yang diberikan, tergantung dari penilaian masing-masing. Kalau masuk dalam kategori "kurang", kita bisa memberikan "tambahan". Kalau dalam kategori "keliru", silahkan disanggah dan dibetulkan. Kalau sudah "pas", didukung.

Kalau saya mau "mengembangkan" lingkup pembahasan? atau mau "membuat/mengungkapkan" teori, fakta atau hipotesis baru berdasarkan materi yang dibahas? ok, sah-sah saja. Guidance diatas bukan sesuatu yang absolut, hanya sebagai pijakan awal bagi yang belum terbiasa berinteraksi konstruktif menggunakan/dalam dunia virtual.

    Share | Save

    Subscribe

No comments:

Post a Comment