Thursday, February 11, 2010

RWA

[Author: Wahyu Adhi Prasetyo] Jaringan optik bergantung kepada wavelength division multiplexing (WDM) untuk menghasilkan bandwidth yang besar. WDM memungkinkan beberapa koneksi berbeda untuk berjalan pada suatu kabel optik yang sama. Dalam arsitektur jaringan optik, routing dilakukan dengan menggunakan lightpaths, yaitu all-optical WDM channels yang berada pada kabel. Hal ini dilakukan untuk menghindari konversi dari optik ke listik, yang akan menambah komponen delay dan biaya secara keseluruhan. Permasalahan yang timbul adalah pengaturan dan routing tiap lightpaths kepada tiap wavelength untuk menghasilkan kinerja jaringan yang optimal. Permasalahan ini disebut dengan routing and wavelength assignment (RWA).

RWA sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu Static (offline) Lightpath Establishment dan Dynamic (online) Lightpath Establishment. Static Lightpath Establishment adalah kasus dimana set dari jaringan sudah diketahui sebelum koneksi dimulai. Dynamic Lightpath Establishment adalah kasus dimana koneksi dilakukan secara random, dan dilayani satu per satu. Pada paper ini diusulkan beberapa algoritma RWA dengan mempertimbangkan constraint yang ada. Kemudian masing-masing algoritma diuji dengan menggunakan simulasi pada jaringan dengan jumlah node mendekati 100. Hasilnya kemudian dibandingkan untuk menentukan algoritma yang paling optimal.

    Share | Save

    Subscribe

1 comment:

nur said...

RWA (routing and wavelength assignment) adalah suatu teknik pengaturan dan routing setiap channel dalam kabel WDM (lightpaths) kepada tiap wavelength. dengan menggunakan algoritma RWA, kita dapat menghindari konversi dari optik ke listrik sehingga akan mengurangi kpmponen delay dan biaya secara keseluruhan. terdapat dua jenis RWA, yaitu static (offline) Lightpath Establishment dan Dynamic (online) Lightpath Establishment. Ada beberapa algoritma RWA, dan kita dapat memilih algoritma yang paling optimal, menyesuaikan dengan bentuk/desain jaringan optik yang dirancang/diimplementasikan

Nur Ibrahim (23209007)

Post a Comment