Friday, February 12, 2010

P2P Trafik di Jaringan FT

[Author: Bhimo Wikan Hantoro] Fokus bahasan: pengukuran trafik p2p pada jaringan komersial France Telecom yang di hasilkan dan diterima oleh pelanggan ADSL dan FTTH. Dengan melakukan pendekatan flow based kepada analisa trafik, kita dapat menunjukkan bahwa kedua tipe pelanggan akan merasakan layanan peer-to-peer dengan bit rate yang dapat mereka kategorikan "rendah". Untuk memahami kesamaan ini, paper ini membuat suatu model matematik yang dapat dilihat sebagai abstraksi dari proses pemindahan suatu file dengan prinsip edonkey.

kebutuhan dari aplikasi peer-to-peer (p2p) pada awal abad ini telah mengubah perilaku trafik pada jaringan ip komersil. Ketika jaringan ini pada awalnya didesain untuk mendukung aplikasi client/server, persebaran secara luas dari aplikasi p2p melaluin protokol yang berbeda (eDonkey,Gnuttela,dll) telah membuat jaringan komersial berbasis ip dibanjiri oleh trafik yang berbasis p2p. Pada kebanyakan aplikasi p2p, dimungkinkan untuk membatasi bandwidth yang didedikasikan untuk transaksi p2p. Bahkan pada kenyataannya aliran p2p dapat dikategorikan sebagai aliran data rendah dan tahan terhadap kegagalan. pada makalah ini akan dilakukan validasi pengamatan di atas melalui pengukuran yang dikumpulkan dari jaringan ip perusahaan France Telecom dari dan kepada pelanggan setempat

    Share | Save

    Subscribe

1 comment:

tendyzheng said...

P2P merupakan salah satu aplikasi pada jaringan yang biasanya menduduki sebagian besar trafik. Maka dari itu, dibutuhkan protokol yang mampu mengoptimalkannya.

Dalam suatu jaringan atau sambungan internet pada umumnya, biasanya tidak ada trafik tertentu yang diutamakan. Namun, hal ini bisa diatur oleh administrator untuk memprioritaskan salah satu tipe/jenis trafik. Hal ini dapat dimengerti dengan mudah, misalnya bila pengguna menggunakan sebuah koneksi internet pertama-tama untuk trafik p2p dan mendapatkan rate 100kbps, lalu si user mengunduh via browser pada saat yang bersamaan, maka rate pada p2p akan berkurang menjadi 50kbps dan download pada browser juga mendapatkan 50kbps.

Tapi, jika administrator mengatur agar seluruh koneksi hanya untuk web browser, dan memblok trafik p2p, maka pengguna tidak akan dapat menggunakan service p2p.

Post a Comment