Thursday, February 11, 2010

Memotong Tagihan Listrik untuk Sistem Berbasis Internet

[Author: Tendy Sarwono] Dengan berkembangnya sistem berskala Internet (Internet-scale systems), maka berkembang pula kecenderungan untuk membangun sistem besar yang terdistribusi secara geografis. Sebuah perusahaan berbasis Internet yang besar, memiliki puluhan sampai ratusan ribu server dan beberapa data center. Sebuah data center yang besar memmbutuhkan beberapa megawatt listrik, yang cukup untuk ribuan rumah. Pengeluaran untuk membayar energi yang besar ini telah menjadi hal yang penting dari keseluruhan biaya operasional data center. Sebagai contoh, berdasarkan data pada tahun 2007, Google, yang memiliki 500 ribu server di Amerika Serikat saja, menghabiskan 38 juta dollar (350 milyar rupiah) setiap tahun.

Beberapa cara konvensional telah ditempuh untuk mengurangi biaya untuk energi dengan mengurangi jumlah energi yang dipakai, misalnya dengan teknologi pendingin yang baru, desain arsitektur dan algoritma load balancing yang memperhitungkan energi. Namun, ada metode baru yang dapat mengurangi pengeluaran untuk energi ini. Metode ini berdasar pada 2 fakta, yakni tarif listrik yang bervariasi di berbagai daerah dan sistem dari perusahaan Internet yang terdistribusi secara geografis. Sehingga, pengeluaran energi per unit komputasi dapat bervariasi antara dua lokasi yang berbeda. Variasi dari harga energi listrik di berbagai daerah ini dapat digunakan oleh sebuah sistem Internet yang terdistribusi untuk menekan biaya operasi. Dengan mengalihkan beban komputasi ke sistem yang terdapat pada daerah dengan tarif listrik yang lebih murah, maka perusahaan berbasis Internet dapat memotong tagihan hingga 45 % tiap tahun, yang berarti penghematan sebesar 170 milyar rupiah per tahun bagi Google.

    Share | Save

    Subscribe

2 comments:

Eueung Mulyana said...

Quick & dirty review: (1) tema dalam lingkup optimasi OPEX untuk server farm /data center, khususnya yg berkaitan dengan konsumsi energi; (2) Tidak berhubungan dengan 'kepedulian' lingkungan, hanya urusan "cost" :-D; (3) technical issue: computation facility belum tentu merata di semua data center --> constraint untuk optimasi; (4) Judul sepertinya agak kurang pas Ten .. :-D

Pras said...

Setuju dengan pak eueung...

Sepertinya terbalik ya.. mungkin akan lebih tepat jika judulnya "Sistem Internet Terdistribusi Untuk Menekan Biaya Listrik"

Ada satu pertanyaan lain, apakah dengan sistem ini akan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitarnya?

Post a Comment