Thursday, February 11, 2010

Konvergensi Layanan Jaringan Berbasis FTTH

[Author: Tendy Sarwono, Zheng Tian Qing] Perkembangan teknologi telekomunikasi yang pesat juga mendorong pertumbuhan variasi jenis layanan yang dapat ditawarkan kepada pelanggan. Jenis layanan yang ditawarkan terus berkembang mulai dari layanan suara, teks, gambar, dan video. Penggunaan layanan multimedia inipun bertambah luas, mulai dari toko online, ipTv, sistem keamanan rumah hingga pengaturan perangkat elektronik rumah tangga secara online. Dengan banyaknya aplikasi internet pada hal-hal yang penting dan berhubungan dengan aspek keamanan dan kenyamanan hidup itu sendiri, maka dibutuhkan suatu jaringan yang mampu menampung dan menyalurkan data yang besar secara real-time. Dengan demikian, tiap rumah membutuhkan jaringan internet broadband. Misalnya, untuk sebuah rumah, dibutuhkan koneksi hingga 200 Mbps untuk berbagai aplikasi misalnya VoIP, IP Security Camera, ipTv, online gaming dan sebagainya. Berbagai layanan ini digabungkan (converged) dan ditumpangkan pada internet (everything over internet protocol).

Perkembangan demand aplikasi dari pelanggan juga didukung oleh teknologi jaringan akses yang memadai. Salah satu teknologi yang memungkinkan pengaplikasian everything over IP adalah kabel fiber optik. Tiap kabel optik dapat memiliki bandwidth 10Gbps dan masih terus dikembangkan hingga sekarang. Dengan semakin besar dan bervariasinya layanan data yang dibutuhkan dan menurunnya harga perangkat optik, maka pengaplikasian kabel optik hingga ke rumah subscriber menjadi pilihan yang cocok. Teknologi Fiber to the Home (FTTH) ini telah menjadi salah satu isu utama dalam telekomunikasi dan digambarkan sebagai wajah dari jaringan internet masa depan.

    Share | Save

    Subscribe

1 comment:

glowzindedark said...

perkembangan aplikasi-aplikasi di internet menuntut penggunaan teknologi baru yang dapat menyokong besarnya trafik-trafik dari aplikasi tersebut. teknologi FTTH merupakan sebuah jawaban dari kebutuhan tersebut. aplikasi terus berkambang seiring dengan berkembangnya kebutuhan manusia. nantinya semua aplikasi akan distribusikan dalam satu kabel optik sampai kerumah, sehingga tidak menggunakan lagi line telepon, antena tv, kabel internet, antena radio, dll. semua itu akan di bundel dalam satu kabel optik dengan sebuah "modem" di end user yang akan memisahan semua aplikasi2 itu.
sayangnya perkembangan FTTH masih terkendala dalam besarnya biaya investasi penggelaran kabel optik hingga ke rumah2.

Post a Comment