Friday, February 12, 2010

High Effeciency Silicon-on-Insulator Grating Coupler

[Author: Nana Sutisna] Fokus bahasan: proses pembuatan coupling untuk silicon wave guide dan single-mode fiber optik . Silicon-on-Insulator merupakan salah satu platform yang cukup banyak digunakan dalam integrated optic, karena memiliki index contrast yang tinggi antara clading dan core. Sehingga memungkinkan untuk meningkatkan densitas rangkaian optik terintegrasi.

Salah satu faktor terpenting dalam rangkaian optik adalah bagian coupling. Struktur coupling yang dibuat akan menentukan tingkat efisiensi coupling, yang merupakan ukuran kualitas data transfer dari fiber optik ke rangkaian. Struktur coupling yang dibuat oleh penulis paper adalah menggunakan pola grating yang non-uniform. Dengan struktur ini tingkat difraksi cahaya akan optimum, yaitu metch dengan Gaussian profile. Untuk menentukan pola grating yang optimum digunakan genetic algorithm population. Selain pola gating, penentuan posisi fiber pada coupling juga mempengaruhi tingkat efisiensi. Toleransi misalignment adalah sekitar +/- 1.5 um.

Dari hasil eksperimen, diperoleh tingkat efisiensi 78 % dengan optical bandwidth 85 nm. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan struktur lain yang hanya berkisar dari 20 - 37 %. 

    Share | Save

    Subscribe

1 comment:

fikri said...

Bahasan utama pada tulisan diatas adalah pembuatan coupling dengan menggunakan pola grating yang non-uniform. Toleransi mis-alingnment posisi fiber pada coupling adalah +- 1.5 um, dengan efisiensi 75% pada optical bandwidth 85 nm.

Kesimpulan saya, jika posisi fiber bergeser lebih dari 1.5 um, maka efisiensinya akan turun. Berapa efisiensi minimum yang bisa diterima oleh sistem ? Apakah coupling tersebut bisa memenuhi efisiensi minimum sistem ?
Apakah perubahan posisi fiber berpengaruh juga pada struktur yang lain yang biasa diaplikasikan saat ini ?

-vyx-
23208005

Post a Comment