Thursday, February 18, 2010

Fixed Mobile Convergence (FMC)

[Author: Lucky Andiani] Fixed Mobile Convergence (FMC) merupakan suatu konsep yang berdasar pada penggunaan protokol yang sama padajaringan fixed, selular maupun internet. Untuk implementasinya FMC menggunakan jaringan berbasis IP/SIP yang lebih fleksibel untuk jaringan telekomunikasi. Standarisasi jaringan berbasis SIP untuk telekomunikasi tersebut dikenal dengan nama IMS (IP Multimedia Subsystem). Konvergensi merupakan integrasi yang progresif dari beberapa platform jaringan yang berbeda untuk menyalurkan layanan yang serupa dan atau layanan yang berbeda yang disalurkan pada platform jaringan yang sama.

Tujuan utama dari FMC adalah untuk mengoptimalkan transmisi semua komunikasi data, voice dan video untuk dan di kalangan end user, sehingga user tidak perlu mengkhawatirkan dimana lokasi mereka berada atau perangkat yang digunakan. Nantinya, FMC akan mejadi perangkat tunggal yang dapat menghubungkan dan menswitch antara jaringan kabel dan nirkabel. Dengan konvergensi yang menyatukan layanan telekomunikasi, teknologi informasi dan peyiaran, di mana penyelenggaraan jasa telekomunikasi merupakan penyedia jasa telekomunikasi yang memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa saja, termasuk TV, siaran, radio, dan multimedia. Pilihan teknologi akses pun bermacam-macam. Kedepannya, kebutuhan komunikasi akan semakin bervariasi, dimana komunikasi data dan multimedia cenderung meningkat dan komunikasi voice menurun.

    Share | Save

    Subscribe

1 comment:

Pras said...

Implementasi FMC di Indonesia sepertinya masih terhambat atau belum dapat dirasakan secara maksimal di sisi end-user karena kapasitas jaringan transport yang masih terbatas. Sehingga agar kapasitas layanan yang dijanjikan oleh FMC ini dapat dirasakan oleh end-user, perlu juga dipertimbangkan pengembangan jaringan transport yang optimal agar dapat memfasilitasi layanan yang dijanjikan oleh FMC ini.

Selain itu, pengembangan perangkat komponen jaringan yang mendukung implementasi FMC perlu juga dipertimbangkan efektivitas dan efisiensi dalam pengembangan kapasitas.

-------------------
Prasetiyono Hari Mukti
232 08 302

Post a Comment